Sunday 16th of June 2024
×

PT Indo Asiana Lestari Milik Siapa dan Penyebab Suku Awyu Melakukan Demo, Viral All Eyes On Papua!

PT Indo Asiana Lestari Milik Siapa dan Penyebab Suku Awyu Melakukan Demo, Viral All Eyes On Papua!

--

CARA HARIAN - PT Indo Asiana Lestari (IAL) kembali menjadi sorotan publik setelah rencana perizinan perkebunan kelapa sawit mereka di Boven Digoel, Papua, seluas 36.094 hektar menuai kontroversi. Masyarakat adat setempat, Suku Awyu, merasa dirugikan karena wilayah adat mereka tumpang tindih dengan area konsesi IAL.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2007 ini bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan pengolahannya. IAL memiliki dua anak perusahaan, yaitu PT Indo Asiana Lestari 1 dan PT Mitra Agro Lestari. Kantor pusat IAL terletak di Jakarta, dengan kantor cabang di Manokwari dan Boven Digoel.

Baca juga: Profil dan Biodata Yolo Ine, Seleb TikTok Viral Usai Bongkar Kasus Raihany dan Anaknya

Menurut laporan The Gecko Project, IAL dimiliki oleh dua perusahaan asal Malaysia, yaitu Mandala Multifarmers Sdn Bhd dan Mandala Resources Sdn Bhd. Mandala Resources sendiri disebut-sebut sebagai perusahaan cangkang yang terdaftar di Kota Kinabalu, Malaysia.

IAL bukan satu-satunya perusahaan kelapa sawit yang beroperasi di Boven Digoel. Di distrik tersebut, terdapat beberapa perusahaan lain dengan total luas konsesi mencapai ratusan ribu hektar. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan deforestasi dan kerusakan lingkungan, serta konflik dengan masyarakat adat.

Baca juga: PT Indo Asiana Lestari Babat 36 Ribu Hektar Lahan Hutan Papua Viral! Aktivis Desak Cabut Izin Usaha

Masyarakat adat Suku Awyu telah lama menolak rencana IAL untuk membuka perkebunan kelapa sawit di wilayah mereka. Mereka berargumen bahwa IAL tidak memiliki hak atas tanah adat mereka dan bahwa perkebunan sawit akan merusak hutan dan sumber daya alam yang menjadi tempat hidup dan sumber penghidupan mereka.

Baca juga: Yolo Ine Bongkar Masa Lalu Kelam TikToker Raihany, Pelaku Asusila Kepada Anak Kandung Sendiri

Source:

Update Terbaru

RELATED POST